7 dongeng anak dari legenda cerita rakyat menarik

7 Dongeng Anak dari Legenda Cerita Rakyat, Menarik

Spread the love

Suka membacakan dongeng pada anak? Kegiatan yang ini banyak memiliki faedah positif, lho. Menurut YaeBin Kim, Ph.D., parenting and famili literacy spesialis di University of Nevada Cooperative Extension, dongeng dapat dikasih ke anak bahkan juga semenjak mereka dalam kandungan.

Bunda dan Ayah dapat mendongeng beberapa hal simpel saat mereka masih bayi dan batita. “Seperti pengalaman Anda hari itu, cukup terangkan dalam bahasa simpel. Atau, orangtua bisa juga mendongeng mengenai beberapa hal di keluarga saat sedang liburan,” kata Kim.

Ini kali HaiBunda akan memberi daftar dongeng anak dari legenda cerita rakyat nusantara. Siapa yang tahu dengan membacakan dongeng dari legenda cerita rakyat, anak dapat tertarik belajar kebudayaan Indonesia yang lain. Baca penjelasannya berikut ini ya:

 

7 Dongeng Anak dari Legenda Cerita Rakyat, Menarik

7 Dongeng Anak dari Legenda Cerita Rakyat, Menarik

1. Sangkuriang

Sangkuriang jadi cerita rakyat temurun di Tanah Sunda. Sangkuriang menceritakan berkenaan kemauan seorang anak yang coba menyunting ibunya sendiri. Si ibu, Dayang Sumbi sebetulnya ialah seorang bidadari yang berpostur tahan lama muda.

Sangkuriang bisa menikah dengan Dayang Sumbi asal penuhi persyaratan, tetapi dihentikan oleh Dayang Sumbi sendiri. Cerita Sangkuriang ini jadi asal mula Gunung Tangkuban Perahu. Pesan kepribadian yang bisa diambil dari Sangkuriang ialah supaya anak jangan tinggi hati, harus melakukan perbuatan baik, dan pintar meredam nafsu.

2. Malin Kundang

Malin Kundang sebagai cerita rakyat Sumatera Barat. Malin Kundang ialah anak seorang janda namanya Mande Rubayah. Saat besar, Malin pergi mengelana dan kembali dengan istrinya. Ternyata Malin bohong, dia menyebutkan ibunya bukan seorang janda, tetapi dari keluarga bangsawan.

Malu dengan istri, Malin tidak ingin mengaku ibunya itu. Disumpahlah Malin Kundang jadi batu. Pesan kepribadian yang dapat dikatakan ke anak ialah hargai orangtua dan tidak boleh durhaka ke orangtua khususnya ibunda.

3. Ketimun Mas

Ketimun Mas ialah cerita rakyat Jawa tengah. Ketimun Mas ialah gadis elok yang lahir dari buah ketimun warna emas. Buah ketimun itu ditanamkan dengan seorang janda tua namanya Mbok Srini, yang awalnya mendapatkan panduan dari raksasa dalam mimpi.

Raksasa itu memerintah Mbok Srini untuk menanam biji ketimun. Jika lahir seorang anak dari ketimun dan anak itu tumbuh besar, raksasa akan balik meminta menjadi makanan. Tetapi, pada akhirannya dengan usaha keras, Ketimun Mas sukses selamat.

Pesan kepribadian yang terdapat ialah jika dengan usaha dan usaha keras, semua halangan dan masalah dalam kehidupan ini akan berbuntut baik.

4. Kancil

Kancil jadi figur terpopuler antara figur dongeng anak Indonesia. Dongeng Kancil ada beberapa, Bunda. Dimulai dari Kancil dan Buaya, Kancil dan Harimau, sampai Kancil dan Petani.

Pesan kepribadian yang terdapat di dalam dongeng Kancil ialah jangan sampai memandang sepele seorang yang kecil. Bila dia mempunyai kepandaian tidak berarti dia tidak sanggup lakukan suatu hal, Bunda. Ya, seperti sang Kancil ini.

5. Bawang Merah Bawang Putih

Bawang Merah Bawang Putih datang dari cerita rakyat Riau. Menceritakan mengenai 2 orang gadis elok, kakak-adik yang mempunyai karakter yang bertolak-belakang. Bawang Merah mempunyai karakter yang negatif yakni malas, tinggi hati, dengki.

Sementara Bawang Putih mempunyai karakter positif seperti rendah hati, telaten, rajin, dan jujur. Ke-2 nya hidup dengan ibu tiri yang rupanya mempunyai karakter seperti Bawang Merah. Pesan kepribadian dalam dongeng ini ialah jadilah individu yang bagus seperti Bawang Putih, karena kebaikan bawa faedah untuk hidup.

6. Ande-ande Lumut

Ande-ande Lumut ialah cerita rakyat Jawa Timur. Bercerita mengenai Pangeran Raden Panji Cintabangun yang lari dari istana Kerajaan Kediri untuk cari calon pramaisurinya, Putri Sekartaji dari Kerajaan Jenggala. Pangeran menukar namanya jadi Ande-ande Lumut, sementara Putri Sekartaji mengganti namanya Klenting Kuning.

Berjodoh, ke-2 nya juga disandingkan walaupun jalannya tidak mulus. Pesan kepribadian dari legenda cerita rakyat Ande-ande Lumut ini ialah anak yang bagus akan mendapatkan kebahagiaan dan keberhasilan di masa datang. Anak yang berperangai jelek akan memperoleh duka cita di masa depan.

7. Keong Mas

Keong Mas ialah legenda cerita rakyat Jawa Timur. Menceritakan mengenai Candra Kirana, putri Kerajaan Daha yang ingin dilamar oleh pangeran ganteng, Raden Inu Kertapati. Sayang, Candra Kirana disingkirkannya oleh Dewi Galuh sebab menganggap iri.

Candra Kirana jadi Keong Mas karena penyihir suruhan Dewi Galuh. Saat jadi keong, dia dipiara dengan seorang nenek. Berita ini juga berembus ke telinga Pangeran dan cari Candra Kirana. Ke-2 nya juga pada akhirnya berjumpa.

Pesan kepribadian dari dongeng Keong Mas ialah tindakan jahat yang tertutupi akan terbuka juga. Tidak iri hati dan selalu melakukan perbuatan baik akan membuat kita selamat.

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: