Asuransi Mobil TLO

Cerpen Mengenal Asuransi Mobil TLO dan Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil

Spread the love

Cerpen Mengenal Asuransi Mobil TLO dan Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil





Cerpen Karangan: Lifepal
Kategori: Cerpen Kehidupan

Lolos moderasi pada: 15 July 2022

Asuransi mobil bisa menjadi solusi dari kekhawatiran jika ada hal buruk atau kerusakan yang menimpa sebuah mobil. Mobil yang diasuransikan akan mendapat perlindungan berupa uang pertanggungan sesuai yang tercantum dalam polis asuransi.

Ada beragam jaminan untuk ganti rugi akibat berbagai risiko hingga jaminan penggantian mobil di asuransi TLO ataupun pada jenis asuransi lain yang bisa diperoleh nasabah.

Karena alasan itulah calon nasabah asuransi mobil sebaiknya memperhatikan setiap klausul yang berkaitan dengan risiko tertanggung hingga cara melakukan klaim uang pertanggungan atau layanan yang menjadi bagian dari pertanggungan oleh perusahaan asuransi.

Salah satu hal penting yang wajib diperhatikan oleh calon nasabah asuransi adalah faktor kemudahan dalam mengajukan klaim. Untuk mengetahui hal tersebut maka ada tata cara atau panduan klaim asuransi, klik untuk caranya.

Asuransi Mobil TLO

Mengenal Asuransi Mobil Total Loss Only atau TLO
Salah satu jenis produk asuransi mobil yang umum ditawarkan adalah asuransi mobil berjenis TLO atau Total Loss Only. Asuransi mobil ini umum ditawarkan setelah terjadinya transaksi pembelian mobil baru.

Asuransi TLO lebih sering ditawarkan karena premi yang cenderung lebih murah dan bahkan bisa berselisih sangat jauh jika dibandingkan dengan asuransi mobil All Risk.

Asuransi mobil Total Loss Only merupakan produk asuransi kendaraan yang memberi uang pertanggungan atas kerugian atau kerusakan yang terjadi pada mobil di atas 75% atau mobil mengalami rusak total hingga tidak lagi bisa digunakan.

Asuransi jenis ini berbeda dari asuransi All Risk yang memberi uang pertanggungan untuk semua kerugian atau kerusakan yang dialami mobil, bahkan kerugian berupa cat mobil yang tergores saja.

Artinya, perlindungan atau proteksi yang diberikan oleh asuransi mobil TLO lebih sedikit jika dibandingkan dengan asuransi mobil all risk. Karena asuransi TLO hanya memberikan ganti rugi ketika mobil rusak berat hingga biaya perbaikannya lebih dari 75% nilai mobil yang diasuransikan atau mobil hilang akibat pencurian.

Sehingga mobil yang memiliki asuransi TLO tidak bisa mengajukan klaim ketika tergores saat parkir. Klaim baru bisa dilakukan jika mobil yang diparkir tersebut hilang atau ditabrak mobil lain hingga rusak berat yang biaya perbaikannya lebih dari 75% nilai mobil yang diasuransikan.

Kelebihan dari asuransi total loss only yang paling utama tentu saja adalah premi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan premi asuransi All Risk. Kelebihan lain adalah faktor usia mobil yang bisa diasuransikan.

Kebanyakan asuransi All Risk memiliki syarat usia mobil maksimal 10 tahun, sedangkan asuransi Total Loss Only umumnya bisa untuk mobil dengan usia hingga 15 tahun.

Asuransi Total Loss Only lebih cocok bagi nasabah yang memiliki mobil dengan tingkat aktivitas penggunaan yang rendah atau jarang dipakai. Jenis asuransi ini juga cocok dipilih setelah membeli mobil bekas sebagai solusi mendapatkan perlindungan finansial berupa asuransi.

Panduan Mengajukan Klaim Asuransi Mobil
Seorang nasabah asuransi bisa mengajukan klaim ketika mengalami kerugian yang termasuk dalam risiko tertanggung dari sebuah produk asuransi.

Ada beberapa prosedur klaim asuransi yang bisa dilakukan dan didasarkan pada klausul cara klaim pada sebuah produk asuransi.

Klaim asuransi mobil bisa dilakukan dengan cara berikut:

~ Membuat rekaman kerusakan mobil sebagai bukti untuk mengajukan klaim.
~ Membuat pernyataan berupa kronologi terjadinya kerusakan.
~ Mengisi formulir klaim dari bengkel rekanan.
~ Pihak perusahaan asuransi akan melakukan verifikasi berdasar laporan pengajuan klaim dengan informasi yang dikirimkan pihak bengkel rekanan.

Sedangkan cara klaim asuransi ketika mobil hilang dapat dilakukan dengan cara berikut:
~ Melaporkan kasus kehilangan kepada pihak penegak hukum.
~ Membuat pernyataan berupa kronologi terjadinya kehilangan.
~ Mengisi formulir klaim dengan disertai identitas diri pemilik polis dan dokumen bukti kepemilikan mobil yang diasuransikan untuk dikirim ke perusahaan asuransi.

Klaim bisa saja ditolak oleh perusahaan asuransi karena beberapa sebab seperti tidak memenuhi persyaratan pengajuan klaim seperti kelengkapan dokumen atau risiko yang menyebabkan kerugian tidak masuk dalam perlindungan yang diberikan oleh asuransi.

Selain itu, klaim juga bisa ditolak ketika data yang diserahkan tidak sesuai dengan informasi yang didapat ketika dilakukan verifikasi.

Faktor batas waktu pengajuan klaim juga harus diperhatikan karena setiap perusahaan asuransi bisa memiliki kebijakan yang berbeda.

Itulah beberapa hal penting yang wajib diketahui ketika akan mengajukan klaim atas kerugian yang dialami oleh nasabah asuransi.

Memenuhi persyaratan pengajuan klaim dengan lengkap dapat memudahkan proses pengajuan klaim agar berhasil mendapatkan uang pertanggungan dari pihak perusahaan asuransi.

By: Lifepal


Cerpen Mengenal Asuransi Mobil TLO dan Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil merupakan cerita pendek karangan Lifepal, kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.


“Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!”



Share ke Facebook

WhatsApp



” Baca Juga Cerpen Lainnya! “





Oleh: Nazwa Andiva Salsabila

Suara deru motor dan klakson-klakson yang bergema di sepanjang jalan, memperkeruh suasana pagi. Aku terkejut ketika seseorang menyiramku dengan air, ternyata dia pemilik toko ini. Aku sontak terbangun dari




Oleh: Bimo Erfan Ardhianto

Rahman, namanya singkat dan tak ada kepanjangannya. Setiap kali dia disuruh untuk menulis nama panjangnya, dia diam saja untuk beberapa saat, lalu kemudian berkata, “Aku tak tahu nama panjangku.”




Oleh: Alvan Muqorobbin Asegaf

Malang sekali nasib gadis yang bernama Ningsih itu. Meskipun ia hidup dengan kasih sayang nenek dan kakeknya. Ayah dan ibu selalu memenuhi kebutuhan hidupnya. Tapi ia tak boleh bertemu




Oleh: mapletea.hime

Menangis, Dalam ringis, Saat gerimis… *** Itu karenamu. Untuk pertama kalinya, aku mengagumi seseorang. Selama ini, yang kukagumi hanyalah para filosofi, ilmuwan, atau pun orang-orang luar biasa. Kemudian, kau




Oleh: Willy Sitompul

“Brakkk…!” suara pintu depan rumah didobrak terdengar keras. Kerumunan orang ramai terlihat di luar. Orang-orang sekampung tampak memenuhi seberang jalan itu. Semuanya dengan wajah penuh ingin tahu. Sepasukan polisi



8 tahun cerpenmu



“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
“Kalau iya… jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?”



Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: